Heboh Larangan Nobar Piala AFC U23: Ini Klarifikasi dari MNC Group dan penjelasan mengenai hak siar

. Hak siar, pada dasarnya, adalah hak eksklusif yang memberikan kontrol atas distribusi dan penayangan konten tertentu kepada individu, perusahaan, atau entitas lainnya. Dengan kata lain, pemegang hak siar memiliki kekuatan untuk menentukan di mana dan bagaimana konten tersebut akan disiarkan atau ditayangkan, serta hak untuk mendapatkan keuntungan dari aktivitas tersebut. Hak siar tidak hanya relevan dalam konteks ekonomi dan bisnis, tetapi juga memiliki implikasi yang luas dalam hal perlindungan hak cipta dan penghargaan atas karya kreatif. Selain itu, hak siar juga merupakan bagian integral dari dinamika kompetitif di pasar media, di mana perusahaan bersaing untuk memperoleh hak siar atas acara-acara yang diminati oleh khalayak luas.
Hak siar adalah hak eksklusif yang diberikan kepada seseorang atau suatu entitas untuk menyiarkan atau menayangkan suatu acara atau konten tertentu. Ini termasuk hak untuk menyiarkan acara olahraga, pertunjukan televisi, film, acara musik, dan lainnya. Pemegang hak siar memiliki hak eksklusif untuk menentukan cara dan tempat penyiaran, serta mendapatkan keuntungan dari aktivitas tersebut.

Heboh Larangan Nobar Piala AFC U23: Ini Klarifikasi dari MNC Group dan penjelasan mengenai hak siar

Topik yang sedang hangat diperbincangkan belakangan ini: larangan nobar Piala AFC U23. Mendengar tentang larangan ini, banyak dari kita mungkin merasa kecewa atau bahkan bingung. Tapi tahukah kita apa sebenarnya yang terjadi di balik layar?

MNC Group, yang merupakan pemegang hak siar resmi Piala AFC U23 di Indonesia, telah memberikan klarifikasi terkait larangan nobar tersebut. Mereka menegaskan bahwa larangan ini tidak bermaksud untuk menghambat akses penonton untuk menikmati pertandingan, namun justru bertujuan untuk melindungi hak siar dan kepentingan bisnis.

Pihak MNC Group yang diwakilkan oleh Syafril Nasution langsung bertemu dengan pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan juga PSSI. Pertemuan itu dilangsungkan di Kantor Kemenpora, Minggu (28/4/2024) sore WIB.

“Kami memperbolehkan nobar sepanjang tidak komersial, komersial disini tidak memungut bayaran atau memasang sponsor atau iklan. Jika ingin melakukan nobar, tentu sangat kami dorong. Kita perlu mendukung timnas melawan Uzbekistan yang akan disirakan langsung di RCTI. Ini perlu kita dukung supaya sukaes. Sekali lagi kami dari MNC Group menyampaikan nobar diperbolehkan selama tidak bersifat komersial,” jelas Syafril.

Mari kita lihat dari sisi hak siar. Saat sebuah perusahaan atau grup memiliki hak siar suatu acara olahraga, itu berarti mereka telah membayar sejumlah besar uang untuk mendapatkan hak eksklusif untuk menyiarkan acara tersebut. Hal ini penting untuk memastikan bahwa pemegang hak siar dapat memperoleh keuntungan dari investasi mereka.

Apa itu Hak Siar?

Hak siar adalah hak eksklusif yang diberikan kepada seseorang atau suatu entitas untuk menyiarkan atau menayangkan suatu acara atau konten tertentu. Ini termasuk hak untuk menyiarkan acara olahraga, pertunjukan televisi, film, acara musik, dan lainnya. Pemegang hak siar memiliki hak eksklusif untuk menentukan cara dan tempat penyiaran, serta mendapatkan keuntungan dari aktivitas tersebut.

Hak siar penting karena memberikan insentif kepada pencipta atau pemilik konten untuk menghasilkan karya lebih lanjut. Misalnya, jika sebuah perusahaan film tahu bahwa mereka dapat menjual hak siar untuk film mereka ke stasiun televisi atau platform streaming dengan harga yang baik, mereka akan lebih termotivasi untuk terlibat dalam produksi film yang berkualitas.

Selain itu, hak siar juga melindungi pemegang hak dari penggunaan ilegal atau tidak sah dari konten mereka. Ini berarti orang lain tidak diperbolehkan untuk menyiarkan atau menayangkan konten tersebut tanpa izin atau pembayaran kepada pemegang hak siar. Hal ini membantu menjaga nilai ekonomis dari konten tersebut dan mendorong investasi lebih lanjut dalam industri hiburan dan olahraga.

Apa saja hak untuk pemegang hak siar?

Jadi, ketika ada nobar yang dilakukan tanpa izin dari pemegang hak siar, itu sebenarnya melanggar hak eksklusif yang telah dibeli oleh perusahaan atau grup tersebut. Itu seperti mencuri karya seni seseorang dan membagikannya tanpa izin. Tentu saja, ini bisa merugikan pemegang hak siar secara finansial dan mengurangi insentif bagi mereka untuk terlibat dalam investasi serupa di masa depan.

Jadi, larangan nobar Piala AFC U23 sebenarnya adalah langkah untuk melindungi hak siar yang telah diperoleh oleh MNC Group. Namun, tentu saja, hal ini menimbulkan perdebatan tentang sejauh mana batasan antara hak siar dan hak penonton untuk menikmati acara olahraga bersama-sama.

Kita bisa merenungkan apakah ada solusi yang dapat mengakomodasi kedua belah pihak, seperti memberikan izin nobar dengan syarat tertentu yang menguntungkan kedua belah pihak. Namun, satu hal yang pasti, kita perlu memahami bahwa di balik larangan nobar ini, ada pertimbangan yang lebih dalam tentang hak siar, bisnis, dan kepentingan komersial.

Bagaimana langkah agar sebuah perusahaan atau grup bisa memperoleh hak siar?

Secara umum, berikut adalah langkah-langkah umum yang bisa Anda ikuti:

  1. Identifikasi Konten atau Acara yang Akan Didistribusikan: Tentukan konten atau acara apa yang ingin Anda miliki hak siarnya. Ini bisa berupa acara olahraga, pertunjukan televisi, film, konser, atau jenis konten lainnya.

  2. Penelitian dan Kontak Pemilik Hak: Identifikasi pemilik hak asli konten tersebut. Anda perlu berkomunikasi dengan mereka untuk memahami apakah hak siar tersebut tersedia untuk dijual atau disewakan, serta syarat dan ketentuan yang terkait.

  3. Negosiasi dan Penandatanganan Kontrak: Jika pemilik hak setuju untuk menjual atau menyewakan hak siar kepada Anda, langkah selanjutnya adalah melakukan negosiasi mengenai harga, durasi, wilayah geografis, dan hak-hak lain yang terkait. Setelah mencapai kesepakatan, kontrak harus ditandatangani oleh kedua belah pihak.

  4. Pendaftaran Resmi: Beberapa negara atau wilayah mungkin memiliki prosedur pendaftaran resmi untuk hak siar. Ini bisa melibatkan mengajukan dokumen dan pembayaran biaya pendaftaran ke badan yang berwenang, seperti lembaga hak kekayaan intelektual di negara Anda.

  5. Pemantauan dan Perlindungan Hak: Setelah Anda memiliki hak siar, penting untuk terus memantau penggunaan konten Anda dan melindungi hak-hak Anda dari penggunaan ilegal atau tidak sah. Ini mungkin melibatkan kerja sama dengan lembaga penegak hukum atau penggunaan layanan pengawasan online untuk mendeteksi pelanggaran.

Selalu penting untuk berkonsultasi dengan profesional hukum atau ahli hak kekayaan intelektual jika Anda tidak yakin tentang proses mendaftarkan hak siar, karena peraturan dan prosedur dapat bervariasi antara negara dan wilayah.

Anda Masih Bingung Terkait Hak Siar?

Yuk Langsung AJa klik toMbol di kanan untuk Bertanya Ke Tim Legalku 

Artikel Lainnya
PMA (Foreign Investment) is an investment activity, which is carried out by foreign investors and aims to be able to do business in the territory of the Republic of Indonesia. PMA is one of the ways for outside investors to build, buy the whole, or acquiring a company
Business

WHAT IS PMA? IS IT EASY TO ESTABLISH PMA?

PMA (Foreign Investment) is an investment activity, which is carried out by foreign investors and aims to be able to do business in the territory of the Republic of Indonesia. PMA is one of the ways for outside investors to build, buy the whole, or acquiring a company.

Baca »
Menentukan strategi term sheet yang tepat adalah langkah krusial dalam perjalanan sebuah startup. Dengan memahami tujuan perusahaan, memilih investor yang tepat, dan memperhatikan detail-detail penting seperti struktur modal, valuasi, klausa pelindung, dan persyaratan keluar, Anda dapat membantu memastikan kesuksesan jangka panjang perusahaan Anda.
Bisnis

Panduan Lengkap untuk Menentukan Strategi Term Sheet dalam Startup

Menentukan strategi term sheet yang tepat adalah langkah krusial dalam perjalanan sebuah startup. Dengan memahami tujuan perusahaan, memilih investor yang tepat, dan memperhatikan detail-detail penting seperti struktur modal, valuasi, klausa pelindung, dan persyaratan keluar, Anda dapat membantu memastikan kesuksesan jangka panjang perusahaan Anda.

Baca »
Semua Layanan Legalku
LegalDoc

Buat Dokumen Praktis

LegalBizz

Urus Legalitasmu

IUMK

Izin Usaha Praktis

Merek

Terdaftar & Terjamin

Edar BPOM

Aman & Terjamin

PIRT

Majukan Usahamu

Izin PSE

Praktis & Mudah

Izin Apotek

Dapatkan Izinmu

Retainer Legal

Oleh Staf Profesional

Retainer ENP

Menjamin Kemulusan Usahamu

Pajak

Mudah & Aman

Kitas

Untuk Izinmu

Sworn Translator

Penerjemah Tersumpah

PT Singapura

Handal & Terjangkau

PT Perorangan

Untuk Usaha Lebih Aman

Pendirian PT

Majukan Usahamu

Sertifikat Halal

Untuk Usahamu Terjamin

LKPM

Pelaporan Praktis

LegalSIstance

Cepat & Membantu

Sertifikat Standard

Buat Izin Uusahamu

Founders Agreement

Buat Mudah Usahamu

PT PMA

Investor Asing

Agreement

Buat Kesepakatan

Shareholder Agreement

Tidak Perlu Repot

Legal Checkup

Cek Izin Usahamu Disini

NIB

Mulai Izin Usaha

Legalku Q&A
Pendirian PT

PMDN – PMA

Drafting Agreement

Drafting Agreement

Terkait Investasi

Legalitas Terkait Investasi

Izin Usaha

Legalitas Izin Usaha

HKI

Hak Kekayaan Intelektual

Legal Due Diligent

Majukan Usahamu

Lainnya

Lihat Semua Knowledge Hukum

Voucher Form

Dapatkan voucher potongan harga dengan mengisi form berikut.

*Setelah mengisi Form diatas, kami tidak akan lagi mengirim Pop-Up ini kepadamu :)
*Oh iya Tenang, kami tidak akan melakukan SPAM kok
Check Keabsahan Legalitas

Berdasarlan PP No. 43 Tahun 2011 tentang Tata Cara Pengajuan dan Pemakaian Nama Perseroan Terbatas minimal 3 kata dan dilarang menggunakan bahasa asing. Untuk PT Perorangan juga berlaku ketentuan yang sama.

Format Penulisan: HURUF BESAR.
Contoh: PT LEGALKU DIGITAL TEKNOLOGI