Pentingnya Founders Agreement Sebelum Memulai Bisnis

Mungkin seluruh masyarakat di Indonesia bermimpi untuk memiliki bisnisnya sendiri dan menjadi pelaku usaha yang sukses. Dengan perkembangannya masyarakat Indonesia mulai sadar bahwa mimpi untuk memiliki bisnis akan lebih mudah tercapai apabila dibangun bersama dengan rekan yang kompeten dan terpercaya. Bisnis yang baru dibentuk ini dapat juga disebut sebagai start up atau perusahaan rintisan yang baru dibentuk oleh masyarakat Indonesia, para pihak yang ikut mendirikan disebut sebagai pendiri atau founders atas bisnis tersebut. Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MKTI) telah mencatat bahwa hingga tahun 2018, sudah terdapat 992 perusahaan Start Up yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Demi tercapainya bisnis yang sukses, rekan bisnis merupakan hal yang esensial dan mendasar. Memiliki rekan ini sudah pastinya diharapkan sebagai nilai positif untuk membangun bisnis. Fungsi utamanya adalah rekan akan berperan untuk melengkapi kekurangan dari seseorang dengan kelebihan yang dimilikinya, hal ini pun akan berlaku sebaliknya bagi rekan tersebut. Sehingga pada umumnya rekan bisnis sebagai pendiri akan memiliki kelebihannya masing – masing dan memiliki peran yang berbeda dalam menjalankan bisnisnya. Namun hal – hal posiitf dari memiliki rekan bisnis juga diikuti dengan kemungkinan adanya perpecahan diantara pendiri. Perselisihan antar pendiri merupakan hal yang hampir pasti terjadi dalam setiap bisnis baik itu bisnis yang baru dibangun ataupun yang sudah lama berjalan. Salah satu contoh kasus terbesar adalah perselisihan antara Eduardo Severin dengan Mark Zuckerberg dalam membangun Facebook yang saat ini telah menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia. Salah satu mekanisme yang paling praktis untuk mengantisipasi perselisihan antar rekan adalah dengan membentuk perjanjian yang dinamakan Founders Agreement.

Founders Agreement atau dapat disebut sebagai perjanjian antar pendiri, merupakan perjanjian kerjasama antar pendiri yang bertujuan untuk menjalankan suatu Bisnis atau Perusahaan. Perjanjian ini disarankan untuk dibuat oleh seluruh pihak sebelum mulai menjalankan bisnis. Setidaknya dengan dibentuknya Founders Agreement maka para Pendiri cenderung lebih berkomitmen dalam menjalankan bisnis dengan rekan bisnisnya. Founders Agreement ini akan berisi mengenai hal – hal yang bersifat esensial seperti hubungan serta peran dari masing – masing pendiri perusahaan, modal yang akan dimasukkan oleh masing – masing pendiri ke Perusahaan, dsb. Founders Agreement juga dapat mengatur mekanisme apabila timbul perselisihan diantara para Pendiri, klausul ini akan menjadi penting sebagai upaya untuk mengantisipasi ketika timbul perselisihan dengan menyepakati mekanisme untuk menyelesaikannya dari awal.

Apabila dari Founders Agreement tersebut para pendiri ingin mendirikan Perseroan Terbatas (PT) sebagai badan usahanya maka disarankan dalam Founders Agreement tersebut memuat klausa yang mengatur bahwa seluruh hak dan kewajiban yang timbul atas perbuatan hukum oleh Pendiri untuk kepentingan PT akan beralih ke PT setelah didikannya PT tersebut. Klausul ini bertujuan mengantisipasi adanya tanggung jawab pribadi oleh pendiri yang melakukan perbuatan hukum tersebut sebagaimana diatur dalam pasal 13 Undang – Undang Nomor  40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (UU PT). Hal lain seperti hal pengaturan Employee Stock Options Plan (ESOP) dan Founders Vesting juga dapat diatur dalam Founders Agreement agar perusahaan dapat berkembang dengan lancar.

Founders Agreement akan menjadi komitmen awal dari setiap pendiri untuk mendirikan perusahaan impiannya dengan sungguh – sungguh. Dengan dibuatnya Founders Agreement secara tertulis, maka para pendiri diharapkan untuk tidak mengkhianati hal – hal yang telah disepakati diawal. Perjanjian ini tidak perlu dibentuk di hadapan notaris sehingga cukup mudah bagi para Pendiri untuk membuatnya sendiri, namun tetap akan lebih baik apabila didampingi oleh para praktisi hukum yang sudah berpengalaman di bidangnya. Legalku telah membantu berbagai macam start up dalam membentuk Founders Agreement, dari mulai diskusi awal para pendiri hingga ditandatanganinya Founders Agreement dan dibentuknya perusahaan. Apabila anda tertarik untuk menggunakan layanan Legalku dalam membentuk Founders Agreement segera hubungi customer service Kami

 

Legalku Talk

Kami Tersedia 24/7 hanya untuk anda

Legal Events & Webinars

october, 2020

Semua Layanan Legalku
Dokumen di Jari Anda
Affordable Legal Services

Temukan Rencana Sempurna Untuk Urusan Bisnis Anda
Bingung daftar PKP?
Kami bisa membantu Anda mulai dari Rp.3,5 Juta

Edit

Untuk Anda yang ingin badan usaha dengan struktur kepemilikan dan peraturan yang jelas, modal yang terpisah dengan harta pribadi, dan impresi yang lebih bonafid

BRONZE
SILVER
PLATINUM
Persyaratan PT

Scan KTP Pengurus Perusahaan dan Pemegang Saham
Scan NPWP Pengurus dan Pemegang Saham
Scan KK Pengurus dan Pemegang Saham
Pas Foto Direktur Background merah 3×4 (4 lembar)
* Stempel Perusahaan

PERSYARATAN TAMBAHAN UNTUK PT FULL (MENGGUNAKAN ALAMAT SENDIRI)
  • Surat Kontrak Sewa
  • PBB & STTS Tahun Berjalan
  • IMB
  • Foto Tampak Luar dan Tampak Dalam
  • Surat Keterangan Zonasi Perkantoran dari Kelurahan
  • Sertifikat Tanah/SHGB
  • Domisili Gedung

* Pengurus PT minimal terdiri dari 1 Direktur dan 1 Komisaris

* Pendiri PT minimal terdiri dari 2 Pemegang Saham (Pemegang Saham bisa sekaligus menjabat sebagai Direktur atau Komisaris)

* Suami-Istri yang mendirikan PT bersama-sama dan belum memiliki perjanjian pra-nikah harus mengikutsertakan satu orang untuk menjadi pihak ketiga.

* Stempel Perusahaan menyusul setelah Nama Perusahaan sudah Final (Dicek dan dipesan)

* Pendirian Perusahaan Menengah dan Besar diwajibkan untuk mendaftar ke BPJS Ketenagakerjaan. Pendaftaran BPJS dapat dibantu oleh Tim LEGALKU

Aset Pribadi dan Perusahaan Terpisah.
Akses Bisnis Lebih Luas
Pilihan Aktivitas Bisnis Lebih Beragam
Bentuk Usaha dengan Badan Hukum

Edit

Dapatkan alamat bisnis di seluruh DKI Jakarta

Virtual Office (Kantor Virtual) adalah kantor yang tidak memiliki bentuk ataupun fisik, namun bisa digunakan sebagai alamat legal perusahaan untuk mendapatkan legalitas serta mendapat fasilitas kantor untuk digunakan dalam berbisnis.

Karena sistem zonasi yang membatasi lokasi yang bisa digunakan untuk domisili perkantoran, alamat perusahaan adalah salah satu hambatan bagi pengusaha di Jakarta untuk mendirikan badan usaha seperti PT ataupun CV. Namun, hal itu tidak lagi menjadi masalah dengan Virtual Office.

Virtual Office bisa digunakan sebagai alamat untuk mendirikan PT ataupun CV dan mendapatkan legalitas untuk menjadi perusahaan yang bonafid.

BASIC
PREMIUM

*Harga yang tercantum diatas adalah harga Paket beserta fasilitas yang anda dapatkan.
Untuk mendapatkan penawaran terbaik, silahkan hubungi Pusat Bantuan kami untuk lebih lanjut

Masih bingung ?
Tax & Consulting Service
Tax and Consultant

Terima kasih telah memilih dan menggunakan layanan LEGALKU sebagai rekan dalam memenuhi kebutuhan legalitas bisnis Anda.

Sebagai informasi, saat ini LEGALKU memiliki layanan terbaru berupa jasa konsultan keuangan dan perpajakan yang dapat membantu mempermudah dalam perencanaan serta penyusunan laporan keuangan dan perpajakan, baik untuk individual maupun bisnis Anda.

Selain itu, tim ahli LEGALKU juga akan mencarikan solusi terbaik yang dapat membantu kebutuhan operasional usaha Anda agar menjadi lebih efisien.

Potongan Harga

Sebagai bentuk apresiasi kami, selama periode bulan Agustus ini Kami akan memberikan potongan harga sampai dengan Rp. 1.000.000,- (Satu Juta Rupiah).

Masih bingung ?
Legal Permit Services

Untuk Anda yang ingin badan usaha dengan modal minim, sistem pengambilan keputusan yang lebih mudah, dan pajak yang lebih rendah

*Harga yang tercantum diatas adalah harga Paket beserta fasilitas yang anda dapatkan.


Untuk mendapatkan penawaran terbaik, silahkan hubungi Pusat Bantuan kami untuk lebih lanjut

Masih bingung ?
Legalku Knowledge Base

Pendirian PT

PMDN - PMA

Terkait Investasi

Legalitas Terkait Investasi

HKI

Hak Kekayaan Intelektual

Drafting Agreement

Drafting Agreement

Izin Usaha

Legalitas Izin Usaha

Legal Due Diligent

Audit Hukum

Dengan layanan jarak jauh dari LEGALKU anda dapat dengan mudah berbicara dengan Ahli Hukum kami Tatap Muka.

Maksud kami benar-benar Tatap Muka dengan wajah Asli, Pakar Asli, dan GRATIS tetntunya!

Legalku Web Service
X