Tahapan Seed Funding pada Pendanaan Startup

Dalam menjalankan bisnis, investasi adalah salah satu cara terbaik untuk membuat bisnis berkembang. Investasi dapat didapatkan dalam setiap tahapan bisnis, bahkan di saat bisnis belum memperoleh keuntungan.

Pertanyaan:

Selamat siang, Legalku. Saya memiliki pertanyaan, bagaimana tahapan seed funding bagi bisnis yang baru dirintis? Tolong penjelasannya tentang tahap mula-mula untuk mendapatkan investor. Terima kasih. (ZDK, Cimahi)

Jawaban:
Terima kasih atas pertanyaan Anda. Dalam menjalankan bisnis, investasi adalah salah satu cara terbaik untuk membuat bisnis berkembang. Investasi dapat didapatkan dalam setiap tahapan bisnis, bahkan di saat bisnis belum memperoleh keuntungan. Namun sebelum mencari investasi, Anda harus mempersiapkan beberapa hal dimulai dari investment pitch deck, riset pasar, aspek legal, dan lainnya. Pendanaan (funding) perusahaan utamanya dibagi menjadi 2 kategori, yaitu:

  • Bootstrap funding : Pendanaan mandiri
  • Investment funding : Pendanaan dari penanaman modal dari pihak lain untuk mendapatkan timbal balik yang lebih besar di masa depan; disebut juga sebagai investasi.

Mengenai tahapan-tahapan pendanaan investasi bagi startup atau perusahaan rintisan, biasanya terdiri dari seed funding, seri A, seri B, seri C, dan Initial Public Offering (IPO).
Seed funding adalah tahap awal pendanaan, di mana putaran investasi pertama didapatkan dari investor eksternal. Tujuan dari putaran pendanaan tahap ini adalah menemukan potensi produk dan mengidentifikasi calon pengguna yang sesuai dengan produk yang dikembangkan. Pendanaan eksternal dilakukan setelah perusahaan dan investor menyepakati valuasi perusahaan. Seed funding biasanya memiliki sifat-sifat berikut ini: berasal dari investor perorangan, nominal tidak terlalu besar, dan ketentuan yang wajib dipenuhi perusahaan sebelum transaksi tidak kompleks.
Investor-investor pada tahap seed funding bisa diperoleh dari kerabat, keluarga, angel investors, crowdfunding, maupun modal vantura atau investor institusional. Perlu diketahui juga bahwa modal yang ditanamkan dan timbal balik yang ditawarkan tidak mesti dalam bentuk dana, tetapi bisa juga dalam bentuk aset yang ditentukan harganya; timbal balik yang ditawarkan juga bisa dalam bentuk produk. Putaran seed funding di Indonesia memiliki kisaran Rp500 juta s.d. Rp2,5 miliar. Agar perusahaan siap memasuki tahap pendanaan ini, Anda wajib mempersiapkan investment pitch deck, riset pasar, aspek legal, dll.
Dalam riset pasar, Anda perlu mengetahui identifikasi produk yang perusahaan Anda tawarkan, sehingga Anda bisa memilih investor (perorangan maupun institusional) mana saja tertarik untuk menanamkan modalnya di perusahaan Anda. Selain itu, Anda perlu memetakan orientasi pasar dan target demografis: siapa saja kompetitor perusahaan Anda, apa saja nilai tambah perusahaan Anda dibanding dengan bisnis sejenis lainnya, siapa saja yang menjadi target pemasaran produk Anda, dan bagaimana prediksi perusahaan Anda di beberapa tahun mendatang. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan aspek legal yang diperlukan: apakah izin usaha Anda sudah lengkap dan sesuai, apakah ada persoalan legal maupun finansial yang menantang reputasi perusahaan Anda, dan lain sebagainya. Ketika investor sudah menanamkan dananya, investor biasanya memiliki periode untuk melihat sejauh mana perkembangan produk perusahaan Anda setelah dimodali dana investasi. Pada ini, perusahaan dan produk Anda biasanya akan mendapatkan perhatian luas dari media dan masyarakat. Untuk itu, reputasi perusahaan dan kualitas produk harus senantiasa dijaga bahkan setelah mendapatkan investor, karena publik dan konsumen lah yang akan menilai dan menentukan keberlangsungan bisnis tersebut.
Demikian penjelasan singkat dari kami. Jika masih ada maka mohon untuk segera menghubungi Customer Service LEGALKU agar segera dihubungkan kepada ahli terkait.

Artikel Lainnya

Negosiasi Kontrak Kerja dan Gaji Yang Baik

Negosiasi kontrak kerja dan gaji adalah hal yang lumrah dilakukan, terutama oleh calon karyawan yang sudah memiliki posisi tawar sebelumnya, misalnya karyawan yang sedang bekerja di suatu perusahaan ditawarkan posisi yang sama di perusahaan lain.

Baca »
RUPS merupakan kegiatan yang diatur oleh undang-undang di mana para pemegang saham bertemu secara berkala untuk membahas dan memutuskan berbagai masalah penting perusahaan. Ini termasuk persetujuan anggaran perusahaan, pemilihan direksi, penentuan kebijakan dividen, serta masalah lain yang memerlukan persetujuan pemegang saham. Dengan demikian, RUPS memainkan peran kunci dalam menjaga akuntabilitas dan transparansi perusahaan, serta memastikan bahwa kepentingan para pemegang saham dihormati.
Bisnis

RUPS: Panggung Demokrasi Korporat dalam Pengambilan Keputusan Perusahaan

Dalam jagat bisnis global yang semakin kompleks dan dinamis, keberhasilan sebuah perusahaan tidak hanya ditentukan oleh strategi bisnis yang cerdas, tetapi juga oleh kualitas tata kelola perusahaan yang efektif dan demokratis. Di tengah peran pentingnya, Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) hadir sebagai panggung utama di mana para pemegang saham dapat berinteraksi langsung dengan manajemen perusahaan dan menyumbangkan suara mereka dalam pengambilan keputusan yang krusial. Namun, apa sebenarnya RUPS itu, bagaimana prosesnya, dan mengapa hal ini begitu vital dalam konteks bisnis modern? Mari kita selami bersama dalam artikel ini untuk memahami esensi dari demokrasi korporat yang kokoh, yang diperankan oleh RUPS.

Baca »

CEO OF LEGALKU: HUSTLING, ADAPTING AND SELF-MOTIVATING

This enlightening conversation with Phiolosophi, may have just proved that having all these qualities of persistence and endurance is not just a hearsay, but a must have for an entrepreneur. Having the mindset to be able to be flexible in one’s learning experience is also as important.

Baca »
Semua Layanan Legalku
LegalDoc

Buat Dokumen Praktis

LegalBizz

Urus Legalitasmu

IUMK

Izin Usaha Praktis

Merek

Terdaftar & Terjamin

Edar BPOM

Aman & Terjamin

PIRT

Majukan Usahamu

Izin PSE

Praktis & Mudah

Izin Apotek

Dapatkan Izinmu

Retainer Legal

Oleh Staf Profesional

Retainer ENP

Menjamin Kemulusan Usahamu

Pajak

Mudah & Aman

Kitas

Untuk Izinmu

Sworn Translator

Penerjemah Tersumpah

PT Singapura

Handal & Terjangkau

PT Perorangan

Untuk Usaha Lebih Aman

Pendirian PT

Majukan Usahamu

Sertifikat Halal

Untuk Usahamu Terjamin

LKPM

Pelaporan Praktis

LegalSIstance

Cepat & Membantu

Sertifikat Standard

Buat Izin Uusahamu

Founders Agreement

Buat Mudah Usahamu

PT PMA

Investor Asing

Agreement

Buat Kesepakatan

Shareholder Agreement

Tidak Perlu Repot

Legal Checkup

Cek Izin Usahamu Disini

NIB

Mulai Izin Usaha

Legalku Q&A
Pendirian PT

PMDN – PMA

Drafting Agreement

Drafting Agreement

Terkait Investasi

Legalitas Terkait Investasi

Izin Usaha

Legalitas Izin Usaha

HKI

Hak Kekayaan Intelektual

Legal Due Diligent

Majukan Usahamu

Lainnya

Lihat Semua Knowledge Hukum

Voucher Form

Dapatkan voucher potongan harga dengan mengisi form berikut.

*Setelah mengisi Form diatas, kami tidak akan lagi mengirim Pop-Up ini kepadamu :)
*Oh iya Tenang, kami tidak akan melakukan SPAM kok
Check Keabsahan Legalitas

Berdasarlan PP No. 43 Tahun 2011 tentang Tata Cara Pengajuan dan Pemakaian Nama Perseroan Terbatas minimal 3 kata dan dilarang menggunakan bahasa asing. Untuk PT Perorangan juga berlaku ketentuan yang sama.

Format Penulisan: HURUF BESAR.
Contoh: PT LEGALKU DIGITAL TEKNOLOGI