Trivago, Airbnb, Agoda, dan Booking.com Terancam Diblokir oleh Kominfo

"Dalam upaya untuk melakukan pengawasan dan penegakan hukum terkait kewajiban pendaftaran, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah mengirimkan surat peringatan kepada 6 (enam) Online Travel Agent (OTA) asing pada tanggal Selasa, 5 Maret 2024," Demikian pernyataan resmi Kementerian Kominfo yang dikutip pada Kamis (7 Maret 2024).
Kewajiban pendaftaran tersebut diatur dalam Peraturan Menkominfo nomor 5/2020. Khusus untuk platform digital privat asing, atau yang dikenal sebagai PSE Lingkup Privat, hal ini diatur dalam Pasal 4

Trivago, Airbnb, Agoda, dan Booking.com Terancam Diblokir oleh Kominfo

Berita terbaru menyebutkan bahwa Enam platform online travel agent (OTA) menghadapi ancaman blokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Ancaman tersebut muncul karena platform-platform tersebut belum melakukan pendaftaran sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

“Dalam upaya untuk melakukan pengawasan dan penegakan hukum terkait kewajiban pendaftaran, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah mengirimkan surat peringatan kepada 6 (enam) Online Travel Agent (OTA) asing pada tanggal Selasa, 5 Maret 2024,” demikian pernyataan resmi Kementerian Kominfo yang dikutip pada Kamis (7 Maret 2024).

Kewajiban pendaftaran tersebut diatur dalam Peraturan Menkominfo nomor 5/2020. Khusus untuk platform digital privat asing, atau yang dikenal sebagai PSE Lingkup Privat, hal ini diatur dalam Pasal 4.

“Keenam PSE Lingkup Privat tersebut adalah: Booking.com, Agoda.com, Airbnb.com, Klook.com, Trivago.co.id, dan Expedia.co.id.”

Izin Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) adalah izin yang diperlukan oleh penyelenggara sistem elektronik untuk melakukan kegiatan usaha penyelenggaraan sistem elektronik. Penyelenggara sistem elektronik adalah entitas yang menyelenggarakan layanan transaksi elektronik, seperti e-commerce, marketplaces, atau aplikasi finansial teknologi.

Proses perizinan PSE melibatkan pemerintah dan otoritas yang berwenang dalam bidang telekomunikasi dan teknologi informasi. Persyaratan perizinan dapat bervariasi tergantung pada negara dan yurisdiksi hukumnya.

Kalian gamaukan Website/Aplikasi bisnis kalian terblokir juga? Jangan menunggu hingga terjadi masalah, segera ambil langkah proaktif untuk melindungi bisnis Anda. Daftar sekarang dan nikmati keamanan serta kepastian hukum bersama Legalku!

 

Kalian gamaukan Website/Aplikasi bisnis kalian terblokir juga? Jangan menunggu hingga terjadi masalah, segera ambil langkah proaktif untuk melindungi bisnis Anda. Daftar sekarang dan nikmati keamanan serta kepastian hukum bersama Legalku!

Keuntungan Urus Izin PSE

  1. Kepastian Hukum: Dengan memiliki izin PSE yang sah, bisnis Anda akan beroperasi dalam koridor hukum yang jelas dan terjamin, mengurangi risiko masalah hukum di masa depan.

  2. Kredibilitas: Izin PSE menunjukkan kepada klien, mitra bisnis, dan regulator bahwa bisnis Anda mematuhi standar dan regulasi yang ditetapkan, meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas perusahaan Anda.

  3. Akses Pasar yang Lebih Luas: Izin PSE dapat membuka pintu untuk kerja sama dengan pihak lain dalam industri, memungkinkan akses ke pasar yang lebih luas dan peluang bisnis yang lebih besar.

  4. Perlindungan Terhadap Ancaman Hukum: Dengan mematuhi peraturan dan regulasi yang berlaku, Anda dapat melindungi bisnis Anda dari sanksi hukum dan potensi ancaman yang dapat mengganggu operasional bisnis Anda.

  5. Membangun Hubungan yang Baik dengan Regulator: Dengan memiliki izin PSE yang lengkap, Anda dapat membangun hubungan yang baik dengan regulator dan pihak berwenang, memudahkan kerja sama di masa depan dan mengurangi risiko konflik.

Anda Masih Bingung Terkait Izin PSE?

Yuk Langsung AJa klik toMbol di kanan untuk Bertanya Ke Tim Legalku 

Artikel Lainnya

JENIS- JENIS CYBER CRIME DAN PERLINDUNGAN HUKUMNYA

Menurut Organization of European Community Development (OECD), cyber crime adalah semua bentuk akses ilegal terhadap suatu transmisi data. Itu artinya semua bentuk kegiatan yang tidak sah dalam suatu sistem komputer termasuk dalam suatu tindak kejaha

Baca »
Understanding the nuances between domestic and foreign investment is crucial for individuals and entities venturing into business endeavors. At the core of any business venture lies the necessity of capital. Indeed, without sufficient capital, the very notion of starting a business remains an unattainable dream.
Bisnis

Domestic Investment (PMDN) vs. Foreign Investment (PMA) in Indonesia

In essence, navigating the terrain of investment in Indonesia requires a nuanced understanding of the regulatory distinctions between PMDN and PMA entities. By comprehending these differences, investors can better strategize and capitalize on the myriad opportunities presented within Indonesia’s vibrant economic landscape.

Baca »
SIUJK merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk memberikan izin kepada perusahaan jasa konstruksi untuk menjalankan kegiatan usahanya di bidang konstruksi. SIUJK memberikan jaminan bahwa perusahaan tersebut telah memenuhi standar kualifikasi dan teknis yang ditetapkan oleh pemerintah dalam menjalankan kegiatan konstruksi. Dokumen ini juga mencakup informasi terkait dengan jenis pekerjaan konstruksi yang diizinkan, klasifikasi perusahaan, serta batasan wilayah operasional.
Bisnis

Memahami Pentingnya Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK) untuk Kelancaran Proyek Konstruksi

Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK) merupakan dokumen penting yang harus dimiliki oleh perusahaan jasa konstruksi untuk menjalankan kegiatan usahanya secara legal dan terpercaya. SIUJK bukan hanya sekadar izin resmi dari pemerintah, tetapi juga merupakan jaminan bahwa perusahaan tersebut telah memenuhi standar kualifikasi dan teknis yang ditetapkan. Pentingnya SIUJK tidak hanya dalam menunjukkan kredibilitas perusahaan di mata klien dan pihak terkait, tetapi juga sebagai syarat untuk mengikuti proses tender dan memperoleh proyek konstruksi dari pemerintah dan sektor swasta.

Baca »
Semua Layanan Legalku
LegalDoc

Buat Dokumen Praktis

LegalBizz

Urus Legalitasmu

IUMK

Izin Usaha Praktis

Merek

Terdaftar & Terjamin

Edar BPOM

Aman & Terjamin

PIRT

Majukan Usahamu

Izin PSE

Praktis & Mudah

Izin Apotek

Dapatkan Izinmu

Retainer Legal

Oleh Staf Profesional

Retainer ENP

Menjamin Kemulusan Usahamu

Pajak

Mudah & Aman

Kitas

Untuk Izinmu

Sworn Translator

Penerjemah Tersumpah

PT Singapura

Handal & Terjangkau

PT Perorangan

Untuk Usaha Lebih Aman

Pendirian PT

Majukan Usahamu

Sertifikat Halal

Untuk Usahamu Terjamin

LKPM

Pelaporan Praktis

LegalSIstance

Cepat & Membantu

Sertifikat Standard

Buat Izin Uusahamu

Founders Agreement

Buat Mudah Usahamu

PT PMA

Investor Asing

Agreement

Buat Kesepakatan

Shareholder Agreement

Tidak Perlu Repot

Legal Checkup

Cek Izin Usahamu Disini

NIB

Mulai Izin Usaha

Legalku Q&A
Pendirian PT

PMDN – PMA

Drafting Agreement

Drafting Agreement

Terkait Investasi

Legalitas Terkait Investasi

Izin Usaha

Legalitas Izin Usaha

HKI

Hak Kekayaan Intelektual

Legal Due Diligent

Majukan Usahamu

Lainnya

Lihat Semua Knowledge Hukum

Voucher Form

Dapatkan voucher potongan harga dengan mengisi form berikut.

*Setelah mengisi Form diatas, kami tidak akan lagi mengirim Pop-Up ini kepadamu :)
*Oh iya Tenang, kami tidak akan melakukan SPAM kok
Check Keabsahan Legalitas

Berdasarlan PP No. 43 Tahun 2011 tentang Tata Cara Pengajuan dan Pemakaian Nama Perseroan Terbatas minimal 3 kata dan dilarang menggunakan bahasa asing. Untuk PT Perorangan juga berlaku ketentuan yang sama.

Format Penulisan: HURUF BESAR.
Contoh: PT LEGALKU DIGITAL TEKNOLOGI