PT Perorangan untuk bisnis yang lebih baik 2022

PT Perorangan merupakan Badan Hukum perorangan yang sudah memenuhi kriteria Usaha Mikro dan Kecil dan telah diputuskan dalam peraturan perundang-undangan mengenai Usaha Mikro dan Kecil.
PT Perorangan

Demi terciptanya 1 Juta UMKM yang ditargetkan oleh Presiden Joko Widodo di tahun 2022, pemerintah memberikan kemudahan bagi pelaku usaha melalui Undang-Undang Cipta Kerja no. 11 tahun 2020 yang memuat terkait PT perorangan. Namun, kita perlu tahu bagaimana langkah tepat agar dapat membuat PT perorangan dengan benar dan secara legal.

Mengenal apa itu PT Perorangan

PT Perorangan merupakan Badan Hukum perorangan yang sudah memenuhi kriteria Usaha Mikro dan Kecil dan telah diputuskan dalam peraturan perundang-undangan mengenai Usaha Mikro dan Kecil. Dasar hukum yang mengacu terkait PT Perorangan terdapat pada UU No. 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja,

Dikutip dari Dasar hukum yang berlaku, PT Perorangan memiliki persyaratan yang cukup mudah yakni proses pendiriannya dapat dilakukan oleh 1 (satu) orang saja. Selain itu, dalam pembuatan PT Perorangan tidak memiliki ketentuan modal dasar minimal yang harus dipenuhi, hanya cukup mengisi pernyataan pendirian PT saja. Hal penting lain yang perlu diperhatikan bahwasannya Kriteria usaha yang dibahas dalam peraturan ini mencakup usaha Mikro dan Kecil serta masing-masing usaha ini memiliki kriteria modal yang berbeda. Kriteria usaha yang termasuk dalam usaha Mikro memiliki modal dibawah 1 Miliar Rupiah, sementara untuk Usaha Kecil memiliki modal diantara 1-5 Miliar Rupiah.

Usaha yang termasuk dalam Usaha Mikro dan Kecil

Pembagian karakteristik usaha mikro dan kecil penting untuk diketahui karena akan menjadi tolak ukur dalam pembuatan PT Perorangan. JIka PT Perorangan tidak memenuhi syarat dari pembuatan UMKM, maka tidak dapat membuat PT Perorangan dan harus membuat PT biasa.

Adanya UU Cipta Kerja juga memberikan dampak pada ketentuan karakteristik usaha mikro dan Kecil yang sebelumnya telah diatur dalam UU Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Karakteristik usaha yang termasuk ke dalam Usaha Mikro dan Kecil adalah sebagai berikut:

Karakteristik usaha mikro ditentukan berdasarkan modal usaha yang dimiliki, yakni maksimal modal usaha yang dimiliki sebesar Rp. 1.000.000.000 (1 Milliar Rupiah) tidak termasuk tanah serta bangunan tempat usaha ataupun hasil penjualan tahunan maksimal Rp. 2.000.000.000 (2 Milliar Rupiah)

Berdasarkan Kepemilikannya, dikategorikan sebagai usaha Keci apabila kepemilikan modal usaha lebih dari Rp. 5.000.000.000 (5 Milliar Rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha ataupun punya hasil penjualan tahunan lebih dari Rp. 15.000.000.000 (15 Milliar Rupiah).

Karakteristik ini dijelaskan di dalam PP No. 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Perlindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Keuntungan membuat PT Perorangan

Dengan segala kemudahan yang telah diberikan oleh pemerintah, kamu akan memperoleh beragam keuntungan dengan pembuatan PT Perorangan ini. Diantaranya:

  • Proses pembuatan lebih mudah, hanya dengan mengisi pernyataan pendirian secara elektronik dan tanpa menggunakan akta notaris
  • Mendapatkan perlindungan hukum kepada pelaku usaha dengan memberikan pemisahan aset pribadi dengan aset perusahaan
  • Tidak ada minimal modal usaha sehingga pelaku usaha bebas untuk mengatur modal mereka.

Tata cara Pembuatan PT Perorangan

Keuntungan yang telah disebutkan diatas tentu akan sangat membantu pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya. Proses pembuatan PT perorangan tergolong cukup mudah, berikut tata caranya:

  1. Pelaku usaha memiliki kegiatan usaha mikro ataupun kecil
  2. Pembuatan PT dilakukan oleh 1 (satu) orang merangkap sebagai Direktur sekaligus pemilik
  3. Pelaku usaha memenuhi syarat pembuatan PT Perorangan seperti Nama PT, alamat PT, Identitas Pendiri PT, Maksud dan tujuan PT, Kontak Lengkap Pendiri PT, Jumlah modal
  4. Pelaku usaha mengajukan NPWP PT Perorangan
  5. Pelaku usaha mengajukan kepemilikan NIB

 

PT Perorangan menjadikan jalan mudah bagi para pelaku usaha, Legalku sebagai perusahaan yang sudah berpengalaman dalam proses legalitas dan perizinan untuk pembuatan usaha dapat semakin mempermudahkan anda untuk mendapatkan PT Perorangan tanpa perlu susah untuk mengurusnya.

Buat legalmates Segera hubungi kami melalui Whatsapp di +62821 8413 8864 atau kunjungi website kami di www.legalku.com

Artikel Lainnya
Merek Luar Negeri Tidak Dapat Didaftarkan di Indonesia: Tantangan dan Sistem First to File
Bisnis

Merek Luar Negeri Tidak Dapat Didaftarkan di Indonesia: Tantangan dan Sistem First to File

Dalam era globalisasi, merek atau brand menjadi aset berharga yang mencerminkan identitas, kualitas, dan reputasi sebuah perusahaan. Namun, memasuki pasar internasional sering kali menghadirkan berbagai tantangan, terutama terkait pendaftaran merek. Indonesia, dengan sistem pendaftaran merek “first to file”, sering kali menjadi medan persaingan yang ketat bagi perusahaan luar negeri. Sistem ini mengutamakan siapa yang pertama kali mengajukan pendaftaran merek, memberikan hak penuh kepada pendaftar pertama. Akibatnya, banyak perusahaan luar negeri menemukan bahwa merek mereka telah didaftarkan oleh pihak lain di Indonesia, membuat mereka tidak dapat mendaftarkan merek mereka sendiri. Artikel ini akan membahas tantangan yang dihadapi oleh merek luar negeri dalam mendaftarkan merek di Indonesia dan bagaimana sistem “first to file” mempengaruhi dinamika tersebut.

Baca »
In today's rapidly evolving digital era, many companies and entrepreneurs have embraced a more flexible working model by utilizing a virtual office. A virtual office is a modern solution that enables teams to work from various locations without geographical constraints. By utilizing a virtual office, businesses can enhance productivity and work efficiency. This article will explain how a virtual office can help optimize your business productivity.
Virtual Office

Boosting Your Business Productivity with a Virtual Office

By utilizing a virtual office, businesses can enhance their productivity, efficiency, and work flexibility. By leveraging the right technology and communication tools, teams can stay connected and collaborate efficiently, while businesses can save on operational costs. Thus, a virtual office can be an ideal solution for businesses looking to optimize their productivity and success.

Baca »
Menulis Surat Bisnis Usaha (SBU) merupakan keterampilan yang penting bagi setiap profesional dalam dunia bisnis. SBU tidak hanya sebagai alat komunikasi, tetapi juga mencerminkan profesionalisme dan integritas perusahaan Anda. Dalam panduan ini, kita akan menjelajahi langkah-langkah penting dalam menulis SBU yang efektif dan memikat, serta tips-tips praktis untuk meningkatkan keberhasilan komunikasi bisnis Anda.
Bisnis

Panduan Komprehensif dalam Menulis Surat Bisnis Usaha (SBU)

Menulis Surat Bisnis Usaha (SBU) merupakan keterampilan yang penting bagi setiap profesional dalam dunia bisnis. SBU tidak hanya sebagai alat komunikasi, tetapi juga mencerminkan profesionalisme dan integritas perusahaan Anda. Dalam panduan ini, kita akan menjelajahi langkah-langkah penting dalam menulis SBU yang efektif dan memikat, serta tips-tips praktis untuk meningkatkan keberhasilan komunikasi bisnis Anda.

Baca »
Semua Layanan Legalku
LegalDoc

Buat Dokumen Praktis

LegalBizz

Urus Legalitasmu

IUMK

Izin Usaha Praktis

Merek

Terdaftar & Terjamin

Edar BPOM

Aman & Terjamin

PIRT

Majukan Usahamu

Izin PSE

Praktis & Mudah

Izin Apotek

Dapatkan Izinmu

Retainer Legal

Oleh Staf Profesional

Retainer ENP

Menjamin Kemulusan Usahamu

Pajak

Mudah & Aman

Kitas

Untuk Izinmu

Sworn Translator

Penerjemah Tersumpah

PT Singapura

Handal & Terjangkau

PT Perorangan

Untuk Usaha Lebih Aman

Pendirian PT

Majukan Usahamu

Sertifikat Halal

Untuk Usahamu Terjamin

LKPM

Pelaporan Praktis

LegalSIstance

Cepat & Membantu

Sertifikat Standard

Buat Izin Uusahamu

Founders Agreement

Buat Mudah Usahamu

PT PMA

Investor Asing

Agreement

Buat Kesepakatan

Shareholder Agreement

Tidak Perlu Repot

Legal Checkup

Cek Izin Usahamu Disini

NIB

Mulai Izin Usaha

Legalku Q&A
Pendirian PT

PMDN – PMA

Drafting Agreement

Drafting Agreement

Terkait Investasi

Legalitas Terkait Investasi

Izin Usaha

Legalitas Izin Usaha

HKI

Hak Kekayaan Intelektual

Legal Due Diligent

Majukan Usahamu

Lainnya

Lihat Semua Knowledge Hukum

Voucher Form

Dapatkan voucher potongan harga dengan mengisi form berikut.

*Setelah mengisi Form diatas, kami tidak akan lagi mengirim Pop-Up ini kepadamu :)
*Oh iya Tenang, kami tidak akan melakukan SPAM kok
Check Keabsahan Legalitas

Berdasarlan PP No. 43 Tahun 2011 tentang Tata Cara Pengajuan dan Pemakaian Nama Perseroan Terbatas minimal 3 kata dan dilarang menggunakan bahasa asing. Untuk PT Perorangan juga berlaku ketentuan yang sama.

Format Penulisan: HURUF BESAR.
Contoh: PT LEGALKU DIGITAL TEKNOLOGI