PSE dan Digitalisasi Startup

Semakin rutin seorang entrepreneur profesional memperbarui informasi melalui sistem OSS-RBA, semakin baik pula pemahamannya tentang Penyelenggaraan Sistem Elektronik (PSE). PSE merupakan fasilitas dalam sistem OSS yang memungkinkan para pemangku kepentingan untuk melakukan verifikasi elektronik terhadap bentuk usaha mereka.

PSE dan Digitalisasi Startup

Semakin rutin seorang entrepreneur profesional memperbarui informasi melalui sistem OSS-RBA, semakin baik pula pemahamannya tentang Penyelenggaraan Sistem Elektronik (PSE).

 

PSE merupakan fasilitas dalam sistem OSS yang memungkinkan para pemangku kepentingan untuk melakukan verifikasi elektronik terhadap bentuk usaha mereka.

 

Perizinan ini telah diinisiasi oleh Dinas Penanaman Modal dan Layanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) atas arahan Menteri Komunikasi dan Informatika sebagai langkah efektif dalam persetujuan usaha digital.

 

Jika kita berada dalam lingkup tersebut sebagai pengusaha, pengajuan PSE yang diajukan termasuk dalam kategori PSE privat, sementara PSE yang dilakukan oleh badan pemerintah untuk kepentingan masyarakat termasuk dalam kategori PSE publik.

 

PSE privat menjadi persyaratan baru bagi pengusaha startup pada tahun 2022 dan dapat dimulai setelah penerimaan KBLI dan NIB.

 

Aturan ini berlaku bagi perusahaan yang mengoperasikan bisnisnya melalui jaringan internet untuk perdagangan barang dan jasa.

 

Ini juga melibatkan kesepakatan dengan pihak eksternal yang mungkin terkait erat dengan usaha startup digital, serta mencakup berbagai layanan komunikasi dan perlindungan data pribadi konsumen.

 

Sebelum peluncuran OSS-RBA, pengajuan PSE privat dilakukan secara terpisah. Pengusaha akan mengajukan permohonan melalui sistem OSS versi sebelumnya.

 

Namun, setelah perubahan, permohonan ini tetap diajukan melalui sistem, namun dengan proses yang lebih sederhana melalui pengisian formulir pendaftaran.

 

Formulir ini harus menyediakan informasi yang jelas tentang perangkat elektronik, deskripsi bisnis, uji kelayakan, serta jaminan perlindungan data pribadi konsumen sesuai dengan peraturan yang berlaku.

 

Setelah persyaratan terpenuhi dan formulir diisi, sistem akan mengeluarkan Tanda Daftar PSE Privat yang dapat digunakan oleh pemilik usaha dan dipublikasikan di website Kementerian terkait.

 

Jika ada pengusaha yang terikat PSE namun tidak mendaftar, mereka akan dikenai sanksi administratif berupa pemutusan akses ke OSS-RBA.

 

Sebagai pengusaha di bidang digital, penting untuk menyadari bahwa operasional tidak terlepas dari teknologi. Kepuasan konsumen bergantung pada keamanan transaksi dan kepatuhan terhadap hukum, termasuk sistem PSE melalui OSS-RBA.

 

Salah satu cara untuk memudahkan proses pembuatan PSE adalah melalui layanan yang disediakan oleh Legalku, yang dapat membantu dalam pengurusan legalitas usaha dan pembuatan izin HAKI, termasuk pendaftaran hak cipta.

 

Jika Anda ingin mendirikan lembaga atau usaha atau membutuhkan bantuan dalam mengurus legalitas usaha, Anda dapat menghubungi Contact Person melalui WhatsApp di 0821 8413 8864 (LISA)

Anda Masih Bingung Terkait izin PSE?

Yuk Langsung AJa klik toMbol di kanan untuk Bertanya Ke Tim Legalku 

Artikel Lainnya
Merek (brand) adalah suatu identitas unik yang terkait dengan suatu produk, layanan, atau perusahaan. Merek mencakup elemen-elemen seperti nama, logo, desain, citra, dan pengalaman pelanggan yang berkontribusi untuk membentuk persepsi dan asosiasi terhadap suatu entitas dalam benak konsumen.
Uncategorized

Protokol Madrid: Solusi Daftar Merek Internasional Anti Ribet

Merek (brand) adalah suatu identitas unik yang terkait dengan suatu produk, layanan, atau perusahaan. Merek mencakup elemen-elemen seperti nama, logo, desain, citra, dan pengalaman pelanggan yang berkontribusi untuk membentuk persepsi dan asosiasi terhadap suatu entitas dalam benak konsumen.

Baca »
Semua Layanan Legalku
LegalDoc

Buat Dokumen Praktis

LegalBizz

Urus Legalitasmu

IUMK

Izin Usaha Praktis

Merek

Terdaftar & Terjamin

Edar BPOM

Aman & Terjamin

PIRT

Majukan Usahamu

Izin PSE

Praktis & Mudah

Izin Apotek

Dapatkan Izinmu

Retainer Legal

Oleh Staf Profesional

Retainer ENP

Menjamin Kemulusan Usahamu

Pajak

Mudah & Aman

Kitas

Untuk Izinmu

Sworn Translator

Penerjemah Tersumpah

PT Singapura

Handal & Terjangkau

PT Perorangan

Untuk Usaha Lebih Aman

Pendirian PT

Majukan Usahamu

Sertifikat Halal

Untuk Usahamu Terjamin

LKPM

Pelaporan Praktis

LegalSIstance

Cepat & Membantu

Sertifikat Standard

Buat Izin Uusahamu

Founders Agreement

Buat Mudah Usahamu

PT PMA

Investor Asing

Agreement

Buat Kesepakatan

Shareholder Agreement

Tidak Perlu Repot

Legal Checkup

Cek Izin Usahamu Disini

NIB

Mulai Izin Usaha

Legalku Q&A
Pendirian PT

PMDN – PMA

Drafting Agreement

Drafting Agreement

Terkait Investasi

Legalitas Terkait Investasi

Izin Usaha

Legalitas Izin Usaha

HKI

Hak Kekayaan Intelektual

Legal Due Diligent

Majukan Usahamu

Lainnya

Lihat Semua Knowledge Hukum

Voucher Form

Dapatkan voucher potongan harga dengan mengisi form berikut.

*Setelah mengisi Form diatas, kami tidak akan lagi mengirim Pop-Up ini kepadamu :)
*Oh iya Tenang, kami tidak akan melakukan SPAM kok
Check Keabsahan Legalitas

Berdasarlan PP No. 43 Tahun 2011 tentang Tata Cara Pengajuan dan Pemakaian Nama Perseroan Terbatas minimal 3 kata dan dilarang menggunakan bahasa asing. Untuk PT Perorangan juga berlaku ketentuan yang sama.

Format Penulisan: HURUF BESAR.
Contoh: PT LEGALKU DIGITAL TEKNOLOGI