Izin Tinggal di Indonesia KITAS Guna Mengembangkan Bisnis Usaha, Simak 3 Tips Ini!

KITAS
KITAS
Portrait Of Business people worker Team Outside.

Apa Itu KITAS

KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas) yang sebelumnya bernama KIMS atau biasa dikenal dengan Kartu Ijin Menetap Sementara. KITAS diperuntukan untuk warga negara asing yang ingin tinggal sementara di Indonesia semacam resident permit.

Menurut pasal 31 PP No. 32 Tahun 1994 tentang Visa, Izin Masuk, dan Izin Keimigrasian (“PP No. 32/1994”), Izin Tinggal Terbatas sendiri adalah salah satu jenis izin keimigrasian yang diberikan pada orang asing untuk tinggal di wilayah Negara Republik Indonesia dalam jangka waktu yang terbatas.

Mengenal Kegunaan KITAS Dalam Berbisnis

Selain visa, WNA diwajibkan untuk memiliki izin tinggal yang sah bila ingin tinggal dan bekerja di Indonesia. Dengan adanya izin tinggal, dapat memberikan fleksibilitas kepada pemegang izin untuk menjalankan dan mengembangkan usahanya. KITAS hanya dapat diperoleh ketika warga negara asing sudah berada di Indonesia dan ingin tinggal di Indonesia lebih dari 6 bulan.

Perkembangan Bisnis di Indonesia

Berkat keragaman budaya dan pemandangan alam yang indah di Bali, pulau ini menjadi tempat destinasi wisata yang ramai dibicarakan dan dikunjungi karena keindahannya oleh warga negara asing. Warga negara asing telah melihat potensi pasar yang besar di Indonesia dan tertarik untuk menetap hingga mengembangkan bisnis di Indonesia. 

Tapi, untuk menetap di Indonesia ada persyaratan yang wajib dipenuhi oleh WNA. Orang asing perlu mengajukan permohonan visa agar kunjungan mereka ke pulau ini menjadi nyaman, adapun tujuan dan bisnis mereka. 

Baca juga : 3 Alasan Perlindungan HKI itu Penting

Manfaat KITAS dalam Berbisnis

  1. Kebebasan Beroperasi: Pengusaha asing dapat memiliki akses ke pasar Indonesia dan secara sah menjalankan usaha tanpa hambatan hukum.
  2. Akses ke Pasar Lokal: Memungkinkan para pengusaha untuk menjelajahi peluang bisnis di pasar lokal Indonesia dan menjalin koneksi dengan pelanggan dan mitra lokal.
  3. Investasi Jangka Panjang: Izin tinggal ini memungkinkan pemegangnya untuk berinvestasi jangka panjang di Indonesia, membantu pertumbuhan ekonomi dan pembangunan.
  4. Pertukaran Keahlian: Dapat berkontribusi pada pertukaran pengetahuan dan keahlian antara negara asal dan Indonesia.

Proses Mendapatkan KITAS untuk Berbisnis

Langkah-langkah untuk memperoleh izin tinggal ialah sebagai berikut:

  1. Pendirian Perusahaan: Sebelum mengajukan, pengusaha asing perlu mendirikan perusahaan yang sesuai dengan regulasi Indonesia.
  2. Persyaratan Perusahaan: Perusahaan harus memenuhi persyaratan legal dan finansial tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.
  3. Sponsor Perusahaan: Proses aplikasinya membutuhkan sponsor dari perusahaan yang mengundang atau mengontrak warga asing tersebut.
  4. Dokumen Pendukung: Dokumen seperti surat pernyataan, izin usaha perusahaan, dan rencana bisnis dapat diperlukan sebagai bagian dari aplikasi.

Baca juga : Cara Mengurus KITAS Indonesia

Tips Mengoptimalkan KITAS dalam Berbisnis

  1. Konsultasi Ahli Hukum: Dalam proses aplikasi KITAS dan pendirian perusahaan, berkonsultasilah dengan ahli hukum untuk memastikan dokumen dan persyaratan terpenuhi.
  2. Memahami Regulasi: pahami regulasi bisnis Indonesia secara mendalam agar operasional usaha berjalan lancar.
  3. Network dan Kolaborasi: Manfaatkan kesempatan untuk membangun jaringan bisnis dengan pelaku lokal dan internasional.

Kategori Jenis KITAS:

  1. Izin Kerja

Hanya bisa diberikan kepada orang yang sudah mendapatkan sponsor dari perusahaan yang mempekerjakannya. Perusahaan yang bisa memberikan sponsor atau mendatangkan TKA ke Indonesia adalah PT, PT PMA, Kantor Perwakilan dan Institusi public atau swasta. 

  1. Visa Pernikahan

Sponsornya ialah istri atau suami sendiri. Jika pasangan Anda masih berstatus mendapatkan KITAS ini merupakan salah satu administrasi yang wajib diurus. WNA akan diperbolehkan untuk berkeluarga meskipun tidak menyandang status sebagai warga negara Indonesia (WNI). Namun, mereka tidak diperbolehkan untuk memiliki pekerjaan tetap. 

  1. Visa Pensiun

Diperuntukan bagi WNA yang ingin menghabiskan masa pensiun untuk tinggal sementara di Indonesia dan syaratnya tidak memiliki bisnis di Indonesia dan murni hanya ingin pensiun. Berusia lebih dari 55 tahun. Jenis ini memiliki periodisasi lebih lama daripada yang lain.

Masa Berlaku Izin Tinggal

Masa berlaku kartu ini hingga 2 tahun dengan kemungkinan perpanjangan selama 2 tahun lagi. Izin tinggal maksimum di Indonesia tidak akan melebihi 6 tahun saat menggunakan dokumen ini.

Khusus untuk WNA yang bekerja di Indonesia, juga berlaku aturan 90 hari dan selanjutnya dapat diperpanjang. Namun, jumlah izin tinggal di Indonesia tidak lebih dari 180 hari.

Ada juga KITAP (Kartu Izin Tinggal Tetap). KITAP bisa didapatkan warga negara asing yang memegang KITAS yang merupakan investor, pekerja, lanjut usia, maupun rohaniawan. Selain itu pemegang KITAS karena perkawinan ternyata juga bisa mengajukan KITAP setelah jangka waktu tertentu.

Dasar Hukum KITAS

  1. Peraturan Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) No. 16, tahun 2018 tentang Tata Cara Pemberian Visa dan Izin Tinggal bagi TKA (Permenkumham 16/2018). [1]
  2. Peraturan Pemerintah No. 31, tahun 2013 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang No. 6, tahun 2011 tentang Keimigrasian (UU Keimigrasian). [2]
  3. Peraturan Pemerintah No. 26, tahun 2016 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah No. 31, tahun 2013 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang No. 6, tahun 2011 tentang Keimigrasian (PP 26/2016). [3]

Jadi, KITAS sebenarnya bisa menjadi kunci dalam pengembangan bisnis di Indonesia. Dengan ini, Pengusaha asing pun dapat eksplorasi potensi pasar yang lebih luas, berkolaborasi dengan warga lokal, dan menjalankan usaha secara sah.

Itulah pembahasan seputar tips izin tinggal di Indonesia KITAS guna mengembangkan bisnis yang perlu anda ketahui. Masih ada yang perlu ditanyakan? Kamu bisa hubungi kami Whatsapp kami di +62 821 8413 8864 atau kunjungi Instagram kami di Legalku. (https://www.instagram.com/legalku/

Artikel Lainnya
With some of its universities ranked among the top 500 globally by QS World University Ranking, Indonesia has become an attractive destination for foreign students seeking higher education opportunities. If you're a foreigner considering studying in Indonesia, it's essential to understand the process of obtaining a student visa and residence permit.
Bisnis

Student Visa and Stay Permit for Foreign Student in Indonesia

In summary, the process and requirements for foreign students to study in Indonesia involve submitting applications to the chosen institution, obtaining acceptance, applying for a visa and residence permit, and managing a study permit through the Ministry of Research, Technology, and Higher Education.

Baca »
Legal Due Diligence (LDD) is a vital process conducted by legal experts, typically specializing in corporate law, for specific purposes, often preceding significant transactions. The scope of LDD can vary, commonly focusing on companies to be acquired, or assets to be purchased or expropriated, aimed at gathering essential information and assessing legal risks before finalizing a transaction.
Bisnis

Legal Due Diligence (LDD): Essential Aspects and Objectives in Business Transactions

Legal Due Diligence (LDD) is a vital process conducted by legal experts, typically specializing in corporate law, for specific purposes, often preceding significant transactions. The scope of LDD can vary, commonly focusing on companies to be acquired, or assets to be purchased or expropriated, aimed at gathering essential information and assessing legal risks before finalizing a transaction.

Baca »
Semua Layanan Legalku
LegalDoc

Buat Dokumen Praktis

LegalBizz

Urus Legalitasmu

IUMK

Izin Usaha Praktis

Merek

Terdaftar & Terjamin

Edar BPOM

Aman & Terjamin

PIRT

Majukan Usahamu

Izin PSE

Praktis & Mudah

Izin Apotek

Dapatkan Izinmu

Retainer Legal

Oleh Staf Profesional

Retainer ENP

Menjamin Kemulusan Usahamu

Pajak

Mudah & Aman

Kitas

Untuk Izinmu

Sworn Translator

Penerjemah Tersumpah

PT Singapura

Handal & Terjangkau

PT Perorangan

Untuk Usaha Lebih Aman

Pendirian PT

Majukan Usahamu

Sertifikat Halal

Untuk Usahamu Terjamin

LKPM

Pelaporan Praktis

LegalSIstance

Cepat & Membantu

Sertifikat Standard

Buat Izin Uusahamu

Founders Agreement

Buat Mudah Usahamu

PT PMA

Investor Asing

Agreement

Buat Kesepakatan

Shareholder Agreement

Tidak Perlu Repot

Legal Checkup

Cek Izin Usahamu Disini

NIB

Mulai Izin Usaha

Legalku Q&A
Pendirian PT

PMDN – PMA

Drafting Agreement

Drafting Agreement

Terkait Investasi

Legalitas Terkait Investasi

Izin Usaha

Legalitas Izin Usaha

HKI

Hak Kekayaan Intelektual

Legal Due Diligent

Majukan Usahamu

Lainnya

Lihat Semua Knowledge Hukum

Voucher Form

Dapatkan voucher potongan harga dengan mengisi form berikut.

*Setelah mengisi Form diatas, kami tidak akan lagi mengirim Pop-Up ini kepadamu :)
*Oh iya Tenang, kami tidak akan melakukan SPAM kok
Check Keabsahan Legalitas

Berdasarlan PP No. 43 Tahun 2011 tentang Tata Cara Pengajuan dan Pemakaian Nama Perseroan Terbatas minimal 3 kata dan dilarang menggunakan bahasa asing. Untuk PT Perorangan juga berlaku ketentuan yang sama.

Format Penulisan: HURUF BESAR.
Contoh: PT LEGALKU DIGITAL TEKNOLOGI