3 Alasan Perlindungan HKI itu Penting untuk bisnis lebih Aman

HKI menciptakan perlindungan hukum terhadap penciptaan yang dimiliki oleh perorangan atau kelompok serta mencegah terjadinya pelanggaran atas HKI
Perlindungan HKI untuk bisnis
Perlindungan HKI untuk bisnis kamu

Dengan berkembangnya usaha rintisan atau yang biasa disebut Start-up membuat pelaku usaha gencar membuat merek-merek mereka untuk lebih unggul dari yang lain. Namun, tak jarang dari mereka melupakan pentingnya Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Dengan mengetahui dan menerapkan HKI, pelaku usaha tidak perlu khawatir akan dirugikan terkait dengan merek yang mereka buat.

Tujuan HKI bagi pelaku usaha tentu sebagai perlindungan hukum terhadap penciptaan yang dimiliki oleh perorangan atau kelompok, selain itu HKI juga bertujuan untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya pelanggaran atas HKI milik orang atau kelompok lain, Menjadi nilai jual lebih karena dengan memiliki merek akan lebih dapat dikenali oleh masyarakat.

Dasar hukum terkait merek juga tertuang secara jelas melalui Undang-undang nomor 20 Tahun 2016 Bahwa Merek merupakan tanda yang dapat ditampilkan secara grafis berupa gambar, logo, nama, kata, huruf, angka, susunan warna, dalam bentuk 2 dimensi dan/atau 3 dimensi, suara, hologram, atau kombinasi dari 2 atau lebih unsur tersebut untuk membedakan barang dan/atau jasa yang diproduksi oleh orang atau badan hukum dalam kegiatan perdagangan barang dan/atau jasa

Melalui Legalku, Perlindungan HKI atas aset Anda seperti nama dan logo usaha dengan Merek, ciptaan seperti lagu, buku, dan masih banyak lagi dengan Hak Cipta dapat dengan mudah dan cepat diproses.

Perlindungan HKI bisa menguntungkan, berikut keuntungannya:

  • Melihat dari sisi bisnis: tim kami juga memberikan saran dari sisi bisnis untuk memaksimalkan potensi diterimanya merek berdasarkan pada ketentuan Undang-Undang Merek. 
  • Menyediakan solusi masa depan: bukan sebatas pengajuan permohonan merek, kami bersedia menyampaikan surat tanggapan apabila permohonan merek menerima keberatan atau usulan penolakan.
  • Monitoring sampai tuntas: layanan kami sampai pada mengikuti perkembangan keseluruhan proses sampai terdapat keputusan final di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI).

Jenis Layanan Perlindungan HKI Kami

Layanan yang diberikan oleh legalku mencakup pendaftaran merek dan juga pencatatan hak cipta, untuk rinciannya sebagai berikut: 

Pendaftaran merek

  1. Penelusuran Nama Merek (LO & Hasil Penelusuran Merek) 
  2. Penelusuran Nama Merek (LO & Hasil Penelusuran Merek + 1 kuota penelusuran nama merek revisi)
  3. Penelusuran Nama Merek (LO & Hasil Penelusuran Merek + 2 kuota penelusuran nama merek revisi) dan Submit Permohonan Merek (termasuk draft Surat Tanggapan)
  4. Upaya Banding 
  5. Perpanjangan Merek (sebelum & sesudah tanggal berakhir)

Pencatatan hak cipta

  1. Verifikasi Data Persyaratan Hak Cipta
  2. Submit Permohonan Hak Cipta
Artikel Lainnya
Indonesia stands out as a promising destination for foreign investors due to its abundant natural resources and favorable economic environment. The government's efforts to streamline investment procedures through various laws and regulations have attracted a growing number of foreign businesses eyeing expansion in the country. However, amidst the increasing interest in investing in Indonesia, there are several misconceptions surrounding the establishment of a Foreign Investment Company (PMA) that often lead to confusion. This article aims to clarify these misconceptions and shed light on the actual rules governing foreign investment in Indonesia.
Bisnis

Debunking Common Misconceptions About Foreign Investment in Indonesia

In conclusion, navigating the process of establishing a foreign company in Indonesia requires careful consideration and adherence to the country’s regulations. Seeking guidance from experts and legal advisors can help investors avoid the pitfalls associated with common misconceptions, ensuring compliance and success in the Indonesian market.

Baca »
Menyusun term sheet yang efektif adalah langkah penting dalam perencanaan investasi sebuah startup. Dengan memahami kebutuhan investasi, mengidentifikasi prioritas dan tujuan perusahaan, memilih investor yang tepat, menentukan struktur modal yang optimal, menetapkan valuasi dengan bijak, menyertakan klausa pelindung, dan klarifikasi persyaratan keluar, Anda dapat membantu memastikan kesuksesan investasi bagi startup Anda. Dengan langkah-langkah ini, Anda dapat menyusun term sheet yang efektif untuk membawa startup Anda menuju kesuksesan yang gemilang.
Business

Perencanaan Investasi sebagai Panduan dalam Menyusun Term Sheet yang Efektif untuk Kesuksesan Startup Anda

Menyusun term sheet yang efektif adalah langkah penting dalam perencanaan investasi sebuah startup. Dengan memahami kebutuhan investasi, mengidentifikasi prioritas dan tujuan perusahaan, memilih investor yang tepat, menentukan struktur modal yang optimal, menetapkan valuasi dengan bijak, menyertakan klausa pelindung, dan klarifikasi persyaratan keluar, Anda dapat membantu memastikan kesuksesan investasi bagi startup Anda. Dengan langkah-langkah ini, Anda dapat menyusun term sheet yang efektif untuk membawa startup Anda menuju kesuksesan yang gemilang.

Baca »
The KITAS, or Kartu Izin Tinggal Terbatas, is a temporary stay permit issued to foreigners who wish to reside in Indonesia for a specific period of time. This document plays a crucial role in facilitating legal residence for expatriates and ensuring compliance with immigration regulations in Indonesia. In this comprehensive guide, we will delve into the intricacies of the KITAS, its application process, types, and significance for foreigners residing in Indonesia.
KITAS

Unraveling KITAS: A Comprehensive Guide and Explanation

For foreigners seeking to reside legally in Indonesia, understanding the intricacies of the KITAS is crucial. In this article, we will delve into the various aspects of the KITAS, including its significance, types, application process, and more. Whether you’re an expatriate, investor, student, or family member of an Indonesian citizen, this guide aims to provide you with valuable insights into navigating the complexities of obtaining and utilizing the KITAS effectively. Let’s embark on this journey of exploration into Indonesia’s immigration landscape together.

Baca »
Semua Layanan Legalku
LegalDoc

Buat Dokumen Praktis

LegalBizz

Urus Legalitasmu

IUMK

Izin Usaha Praktis

Merek

Terdaftar & Terjamin

Edar BPOM

Aman & Terjamin

PIRT

Majukan Usahamu

Izin PSE

Praktis & Mudah

Izin Apotek

Dapatkan Izinmu

Retainer Legal

Oleh Staf Profesional

Retainer ENP

Menjamin Kemulusan Usahamu

Pajak

Mudah & Aman

Kitas

Untuk Izinmu

Sworn Translator

Penerjemah Tersumpah

PT Singapura

Handal & Terjangkau

PT Perorangan

Untuk Usaha Lebih Aman

Pendirian PT

Majukan Usahamu

Sertifikat Halal

Untuk Usahamu Terjamin

LKPM

Pelaporan Praktis

LegalSIstance

Cepat & Membantu

Sertifikat Standard

Buat Izin Uusahamu

Founders Agreement

Buat Mudah Usahamu

PT PMA

Investor Asing

Agreement

Buat Kesepakatan

Shareholder Agreement

Tidak Perlu Repot

Legal Checkup

Cek Izin Usahamu Disini

NIB

Mulai Izin Usaha

Legalku Q&A
Pendirian PT

PMDN – PMA

Drafting Agreement

Drafting Agreement

Terkait Investasi

Legalitas Terkait Investasi

Izin Usaha

Legalitas Izin Usaha

HKI

Hak Kekayaan Intelektual

Legal Due Diligent

Majukan Usahamu

Lainnya

Lihat Semua Knowledge Hukum

Voucher Form

Dapatkan voucher potongan harga dengan mengisi form berikut.

*Setelah mengisi Form diatas, kami tidak akan lagi mengirim Pop-Up ini kepadamu :)
*Oh iya Tenang, kami tidak akan melakukan SPAM kok
Check Keabsahan Legalitas

Berdasarlan PP No. 43 Tahun 2011 tentang Tata Cara Pengajuan dan Pemakaian Nama Perseroan Terbatas minimal 3 kata dan dilarang menggunakan bahasa asing. Untuk PT Perorangan juga berlaku ketentuan yang sama.

Format Penulisan: HURUF BESAR.
Contoh: PT LEGALKU DIGITAL TEKNOLOGI