Penting! Syarat Urus PSE & Prosedur Terbaru 2023

Sistem Elektronik merupakan perangkat dan prosedur elektronik yang berfungsi mempersiapkan, mengumpulkan, menyimpan, hingga menyebarkan informasi elektronik.

Apa itu PSE?

Suatu media aplikasi yang memberikan layanan untuk penggunanya dan menggunakan data pribadi serta berhubungan dengan privasi seseorang wajib bertanggung jawab dalam menjaga privasi pengguna. Aplikasi seperti, Gojek, Whatsapp, Shopee yang termasuk ke dalam aplikasi dengan ramai digunakan oleh masyarakat Indonesia wajib mendaftarkan aplikasinya sebagai PSE (Penyelenggara Sistem Elektronik).

Sistem Elektronik merupakan perangkat dan prosedur elektronik yang berfungsi mempersiapkan, mengumpulkan, menyimpan, hingga menyebarkan informasi elektronik.  

Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 71 tahun 2019, diketahui bahwa PSE merupakan pihak penyelenggara negara, badan usaha, maupun setiap orang yang menyediakan, mengelola, hingga mengoperasikan sistem elektronik kepada pengguna, baik untuk pelayanan publik maupun non-publik.

Hal ini ditujukan untuk memastikan bahwa pelayanan sistem elektronik terbukti andal, aman, terpercaya. Ini juga menunjukan rasa tanggung jawab dari penyelenggara sistem elektronik dalam menjaga  keamanan data pengguna sistem elektronik dengan bijak.

Manfaat 

Bagi Perusahaan:

Dengan mendaftarkan sistem elektronik ke Kominfo, maka dapat meningkatkan kepercayaan para pengguna sistem karena keamanannya sudah terbukti terdaftar resmi di Kominfo dan datanya terjamin tidak disalahgunakan. Juga dapat mendukung membangun ekosistem  pemetaan penyelenggaraan sistem dan transaksi elektronik.

Bagi Masyarakat:

Masyarakat dapat dengan mudah mengetahui yang sudah terdaftar maupun yang telat mendaftar PSE. Hal ini membantu masyarakat untuk lebih hati-hati dalam melakukan transaksi.

Baca juga: PSE Kominfo untuk Platform Bisnis Digital, Ini 4 Benefitnya!

Kategori

Di Indonesia PSE dibagi menjadi 2 (dua) kategori berdasarkan ruang lingkup yang berbeda. Ketentuan operasional diatur oleh peraturan yang berbeda-beda, namun secara operasional sebenarnya keduanya serupa, yaitu:

  • Lingkup Publik: Penyelenggaraan sistem elektronik dilakukan oleh instansi negara atau institusi yang ditunjuk oleh instansi negara. Dapat dilihat jelas dari domain situs web lingkup publik biasanya menggunakan .go.id
  • Lingkup Privat: Penyelenggaraan sistem elektronik oleh orang, badan usaha, dan masyarakat. Untuk lingkup privat domain yang digunakan selain .go.id, misalnya .com dan lain sebagainya.

Kewajiban 

Baik penyelenggara sistem elektronik dalam negeri maupun luar negeri diwajibkan untuk mendaftarkan sistem elektroniknya kepada Kominfo dan hal ini sudah diteskan dalam Permenkominfo Nomor 5 tahun 2020 tentang penyelenggara sistem elektronik lingkup privat.

Berikut merupakan definisi PSE Privat yang dimaksud, yaitu

  1. Menyediakan, mengelola, mengoperasikan layanan transaksi perdagangan barang atau jasa
  2. Pengiriman materi dengan cara pengunduhan data melalui situs, maupun aplikasi.
  3. Menyediakan dan mengelola layanan komunikasi melalui pesan, suara, panggilan video, surat elektronik,
  4. Layanan mesin pencarian dan menyediakannya dalam berbagai bentuk.
  5. Pemrosesan data pribadi untuk kegiatan melayani masyarakat terkait transaksi elektronik.

Pendaftaran sistem elektronik ini dilakukan sebelum sistem tersebut beroperasi secara resmi di Indonesia. Bila sistem elektronik tersebut memenuhi defisini PSE namun tidak melakukan pendaftaran sistem elektroniknya maka akan akan terancam dikenakan sanksi.

Berdasarkan Pasal 7 ayat 2 Permenkominfo, salah satu sanksi yang dapat diperoleh dapat berupa access blocking, yaitu proses pemutusan akses sistem elektronik tersebut.

Baca juga: Website Bisnismu sudah terdaftar PSE Privat? Simak 5 Hal ini Kalo Gak Mau Kena Sanksi!

Syarat Urus Pendaftaran PSE

Terdapat beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi untuk pendaftaran PSE seperti pengisian formulir pendaftaran melalui situs resminya di layanan.kominfo.go.id/register yang dapat dilakukan dengan mudah, kapanpun, dan dimanapun. Pendaftaran dilakukan tanpa biaya atau gratis.

Berikut merupakan dokumen yang perlu disertakan secara lengkap untuk proses pendaftaran bagi pendaftar berbentuk badan hukum, yaitu:

  1. Identitas penanggung jawab,
  2. Profil penyelenggara sistem elektronik,
  3. NIB dan izin usaha,
  4. NPWP Perusahaan/Perorangan,
  5. Domisili Perusahaan,
  6. Gambaran teknis dan prosedur bisnis,
  7. Nama domain sistem elektronik yang berbentuk situs,
  8. Sertifikat keamanan,

Prosedur Pendaftaran PSE

Register Akun

Setelah mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan, dapat melakukan pendaftaran akun PSE dengan mengisi email, password, dan nama.

Verifikasi Data

Setelah formulir pendaftaran telah terisi lengkap maka bisa diperiksa kembali dan diverifikasi oleh Kominfo. Jika berhasil dan sudah terverifikasi lengkap maka bisa melanjutkan proses pendaftaran selanjutnya, namun bila masih ada dokumen yang masih kurang maka perlu dipenuhi terlebih dahulu.

Terdaftar

Jika sudah berhasil terdaftar, maka akan mendapatkan Nomor Tanda Daftar supaya dapat mengecek kembali pendaftaran PSE dan tanda daftarnya yang berbentuk dokumen elektronik.

Bila sudah terdaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik, maka kamu harus memperhatikan hal ini supaya tetap aman!

  1. Melaporkan apabila PSE Privat telah terdaftar dan memiliki informasi perubahan 
  2. Mengikuti peraturan di bidang Kementerian/Lembaga terkait
  3. Tidak memuat konten terlarang pada sistem elektronik

Itulah pembahasan seputar PSE yang harus anda ketahui. Masih ada yang perlu ditanyakan? Kamu bisa hubungi kami Whatsapp kami di +62 821 8413 8864 atau kunjungi Instagram kami di Legalku. (https://www.instagram.com/legalku/

Artikel Lainnya
Agreement, atau sering disebut juga sebagai perjanjian, adalah dokumen yang mengatur kesepakatan antara dua pihak atau lebih tentang hak, kewajiban, dan tanggung jawab masing-masing pihak terkait suatu hal tertentu. Dalam dunia bisnis, agreement merupakan elemen yang sangat vital dalam mengatur hubungan antara perusahaan dengan mitra usaha, klien, pemasok, atau pihak lain yang terlibat dalam kegiatan bisnis.
Bisnis

Mengenal Peran Penting Agreement dalam Bisnis: Panduan Lengkap

Agreement merupakan fondasi yang vital dalam menjalankan bisnis dengan baik dan efisien. Peran agreement tidak hanya sebagai alat untuk mengatur hubungan antara perusahaan dengan mitra bisnisnya, tetapi juga sebagai sarana perlindungan hukum yang penting bagi kedua belah pihak. Dengan adanya agreement yang lengkap dan terperinci, perusahaan dapat menghindari konflik dan kesalahpahaman di masa depan, serta memiliki dasar hukum yang kuat dalam menghadapi berbagai permasalahan yang mungkin timbul.

Baca »
Perusahaan adalah sebuah organisasi bisnis, baik komersial maupun industrial, yang dikelola oleh asosiasi dan sekelompok orang untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan yang sama.
Bisnis

CATAT! INI JENIS PERUSAHAAN SESUAI BENTUK BADAN USAHA

Menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1997, pengertian perusahaan adalah setiap bentuk usaha yang melakukan kegiatan secara tetap dan terus-menerus untuk memperoleh keuntungan, baik yang diselenggarakan oleh perseorangan maupun badan usaha yang berbentuk badan hukum atau bukan badan hukum yang didirikan dan berkedudukan di wilayah Indonesia.

Baca »
LKPM (Laporan Kegiatan Penanaman Modal) sendiri ditujukan untuk memantau realisasi investasi dan produksi suatu usaha. Sifatnya wajib bagi pelaku usaha untuk membuat laporan tentang kemajuan implementasi investasi dan masalah yang dihadapinya secara berkala.
Bisnis

Waduh! Mangkir Lapor LKPM, Izin Usaha Terancam Dicabut!

LKPM (Laporan Kegiatan Penanaman Modal) sendiri ditujukan untuk memantau realisasi investasi dan produksi suatu usaha. Sifatnya wajib bagi pelaku usaha untuk membuat laporan tentang kemajuan implementasi investasi dan masalah yang dihadapinya secara berkala.

Baca »
Kementerian Perindustrian Republik Indonesia mengundang Anda untuk hadir di hari ke-3 acara STARTUP FOR INDUSTRY. Kali ini, kami mempersembahkan STARFINDO Workshop TECH LINK yang dirancang khusus untuk membantu Anda dan bisnis Anda berkembang di era digital. Topik Workshop yang Tidak Boleh Dilewatkan Ruang Al 1: Creategic Thinking - Building a Strategic Mindset Apakah Anda ingin mengembangkan pola pikir strategis yang kreatif dan inovatif? Bergabunglah dengan sesi ini yang dipandu oleh Riki Rijadi, seorang Coach dari Diginian. Dalam workshop ini, Anda akan mendapatkan wawasan dan alat praktis untuk membangun mindset strategis yang dapat membawa bisnis Anda ke level berikutnya. Ruang Al 2: Intellectual Property Masterclass - Ensuring Your Creations are Protected Perlindungan hak kekayaan intelektual sangat penting bagi setiap inovator dan kreator. Di sesi ini, Muhammad Philosophi, CEO dari Legalku, akan membahas cara memastikan kreasi Anda terlindungi secara hukum. Dapatkan pengetahuan mendalam tentang bagaimana melindungi merek, paten, dan karya cipta Anda.
Seminar

Bergabunglah dengan Workshop TECH LINK pada Hari Ke-3 STARFINDO!

Hai LegalMates! Jangan lewatkan kesempatan untuk bergabung dengan kami di hari ke-3 acara STARTUP FOR INDUSTRY yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Pada 20 Juli 2024, kami menghadirkan STARFINDO Workshop TECH LINK dengan dua topik menarik: Creategic Thinking: Building a Strategic Mindset dan Intellectual Property Masterclass: Ensuring Your Creations are Protected. Daftarkan diri Anda segera dan tingkatkan pengetahuan serta jaringan Anda bersama para profesional di industri ini. Sampai jumpa di acara yang inspiratif dan penuh wawasan ini!

Baca »
Since the enactment of the Job Creation Law, more entrepreneurs are opting to establish Sole Proprietorship Companies (Individual Companies). According to this law, a Sole Proprietorship Company is a limited liability company founded by a single individual who acts as both the shareholder and Director to meet the requirements as a micro or small business.
Bisnis

What You Need to Know About Individual Companies

Since the enactment of the Job Creation Law, more entrepreneurs are opting to establish Sole Proprietorship Companies (Individual Companies). According to this law, a Sole Proprietorship Company is a limited liability company founded by a single individual who acts as both the shareholder and Director to meet the requirements as a micro or small business.

Baca »
Memahami Pentingnya Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) untuk Bisnis Anda
Bisnis

Memahami Pentingnya Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) untuk Bisnis Anda

Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) merupakan komponen penting dalam pengelolaan investasi bisnis. Melalui LKPM, perusahaan dapat memantau kinerja investasi mereka, memastikan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku, serta berkontribusi pada pemantauan arus modal masuk ke dalam negeri. Penting bagi setiap perusahaan untuk memahami dan mengelola LKPM dengan baik, sambil memanfaatkan layanan profesional seperti yang ditawarkan oleh Legalku untuk memastikan ketaatan dan kepatuhan yang tepat. Dengan demikian, dengan menjaga kualitas LKPM, perusahaan dapat memaksimalkan potensi investasi mereka dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Baca »
Semua Layanan Legalku
LegalDoc

Buat Dokumen Praktis

LegalBizz

Urus Legalitasmu

IUMK

Izin Usaha Praktis

Merek

Terdaftar & Terjamin

Edar BPOM

Aman & Terjamin

PIRT

Majukan Usahamu

Izin PSE

Praktis & Mudah

Izin Apotek

Dapatkan Izinmu

Retainer Legal

Oleh Staf Profesional

Retainer ENP

Menjamin Kemulusan Usahamu

Pajak

Mudah & Aman

Kitas

Untuk Izinmu

Sworn Translator

Penerjemah Tersumpah

PT Singapura

Handal & Terjangkau

PT Perorangan

Untuk Usaha Lebih Aman

Pendirian PT

Majukan Usahamu

Sertifikat Halal

Untuk Usahamu Terjamin

LKPM

Pelaporan Praktis

LegalSIstance

Cepat & Membantu

Sertifikat Standard

Buat Izin Uusahamu

Founders Agreement

Buat Mudah Usahamu

PT PMA

Investor Asing

Agreement

Buat Kesepakatan

Shareholder Agreement

Tidak Perlu Repot

Legal Checkup

Cek Izin Usahamu Disini

NIB

Mulai Izin Usaha

Legalku Q&A
Pendirian PT

PMDN – PMA

Drafting Agreement

Drafting Agreement

Terkait Investasi

Legalitas Terkait Investasi

Izin Usaha

Legalitas Izin Usaha

HKI

Hak Kekayaan Intelektual

Legal Due Diligent

Majukan Usahamu

Lainnya

Lihat Semua Knowledge Hukum

Voucher Form

Dapatkan voucher potongan harga dengan mengisi form berikut.

*Setelah mengisi Form diatas, kami tidak akan lagi mengirim Pop-Up ini kepadamu :)
*Oh iya Tenang, kami tidak akan melakukan SPAM kok
Check Keabsahan Legalitas

Berdasarlan PP No. 43 Tahun 2011 tentang Tata Cara Pengajuan dan Pemakaian Nama Perseroan Terbatas minimal 3 kata dan dilarang menggunakan bahasa asing. Untuk PT Perorangan juga berlaku ketentuan yang sama.

Format Penulisan: HURUF BESAR.
Contoh: PT LEGALKU DIGITAL TEKNOLOGI